Kesalahan Orangtua Yang Membuat Anak Menjadi Malas Belajar

27 Jan 2016

Kindergarten merupakan lembaga pendidikan dini bagi anak-anak, sayangnya di Indonesia sendiri tak semua anak dimasukkan sekolah tersebut sebelum menginjak jenjang yang lebih tinggi. Memiliki anak yang cerdas tentu menjadi dambaan setiap orangtua, hanya saja hanya sepersekian persen yang mampu mendapatkannya, alasannya sebenarnya bukan dari anak Anda sendiri, melainkan orangtua yang tak membiasakan belajar sedari dini bagi anak-anak, sehingga ketika ia sudah memasuki masa dewasa malas untuk belajar.

Memasuki usia preschool sebenarnya otak mereka juga sudah mulai berusaha menangkap lebih banyak ilmu pengetahuan baru. Jadi sebenarnya melalui peran Anda sendiri berbagai macam jenis pendidikan sudah mulai bisa ditanamkan, terkadang ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh orangtua sehingga membuat anak mereka malas untuk belajar, yaitu :

  • Saat anak sedang belajar orangtua ribut sendiri baik itu dengan menonton televisi bervolume tinggi atau kebiasaan lainnya, hal ini menyebabkan mereka menjadi kurang konsentrasi sehingga menunda-nunda waktu belajar, akibatnya banyak waktu terbuang. Sebaiknya Anda mengusahakan suasana hening saat anak tengah belajar.
  • Selalu memarahi anak ketika nilainya turun, hal ii bukan termasuk sebagai motivasi kamu dalam membuatnya meningkatkan prestasi, justru sebuah tekanan, karena ada rasa takut jika nilainya turun orangtua akan memarahinya. Aktivitas belajar yang dilakukan juga menjadi kurang efektif karena ada tekanan.
  • Tak menyediakan sarana prasarana penunjang, menjadi orangtua yang sangat perhitungan ternyata juga berpengaruh pada kenyamanan anak dalam belajar, sebaiknya jangan batasi jika mereka ingin mencoba hal-hal baru, berilah sarana penunjang yang terbaik.
  • Selalu memuji kakak yang jauh lebih pintar dari adiknya, mereka akan merasa saudaranya hanya sebuah benteng tinggi yang tak bisa diraih, itu justru akan membuatnya semakin down.

Pastikan bahwa Anda tak melakukan hal tersebut agar anak tetap rajin belajar. Masa belajar paling efektif ketika ia sudah memasuki usia kindergarten, selain dengan memasukkan mereka pada lembaga terbaik sebaiknya Anda juga ikut serta memberikan asupan nutrisi dari luar seperti konsumsi makanan yang tepat.

Baca juga : Ingin Anak Rajin Belajar? Kenali Tipsnya Berikut Ini!


TAGS kindergarten preschool


Comment
-

Author

Follow Me