Penanggulangan Dan Gejala Kanker Mulut Rahim

25 Jan 2016

Kanker mulut rahim atau lebih dikenal dengan kanker serviks adalah jenis penyakit yang paling ditakuti oleh para perempuan. Berdasarkan data penderita penyakit kanker di Indonesia sepertiganya adalah penderita kanker serviks. Untuk menghindari penyakit ini para wanita harus mengetahui penanggulangan dan gejala kanker mulut rahim yang dapat menyerang. Penyebab penyakit ini karena virus HPV yang mudah berpindah dan dapat tertular karena hubungan seks bebas, penggunaan wc umum yang sudah terjangkit HPV, merokok dan hubungan intin pada wanita dibawah umur.

Penyakit kanker serviks membutuhkan waktu 10 hingga 20 tahun untuk berkembang hingga benar-benar menjadi penyakit. Oleh karena itu gejala kanker mulut rahim sulit untuk dideteksi pada tahap awal. Adapun deteksi awal dan penanggulangan pertama yang dapat anda perhatikan adalah :

  1. Sering merasa sakit saat melakukan hubungan intim dan kadang disertai dengan pendarahan.
  2. Keputihan yang tidak normal dan disertai dengan pendarahan dan jumlahnya berlebih.
  3. Daerah pinggul sering terasa sakit.
  4. Saat buang air kecil juga terasa sakit.
  5. Darah yang dikeluarkan saat menstruasi sangat banyak dan berlebih.
  6. Pada stadium lanjut bagian paha atau salah satu paha akan membengkak, berkurangnya nafsu makan, berat badan tidak stabil, susah untuk buang air kecil, hingga terjadi pendarahan spontan.
  7. Lakukan pemeriksaan sekurang-kurangnya 2 tahun sekali. Lakukan pemeriksaan pap smear khususnya untuk anda yang telah melakukan hubungan intim.

Anda dapat mencegah gejala kanker mulut rahim dengan memulai pola hidup yang lebih sehat dengan sering mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan, tidak merokok, setia kepada pasangan dan tidak berganti-ganti pasangan untuk berhubungan intim. Untuk lebih menjaga kesehatan anda. Anda dapat memulai rencana hidup anda dengan Futuready yang dapat mengatur masa depan anda menjadi lebih aman. Jadi walaupun anda sakit anda sudah tidak lagi pusing memikirkan keuangan untuk berobat dan jika anda meninggal anda tidak perlu khawatir dengan keluarga yang nanti anda akan tinggalkan.


TAGS gejala kanker mulut rahim penanggulangan dan gejal kanker mulut rahim


-

Author

Follow Me