Mengontrol Kebiasaan Boros Dalam Transaksi Digital

19 Jan 2016

Penggunaan e-money di Indonesia sekarang sudah semakin meningkat, bahkan menurut Bank Indonesia, pertumbuhannya mencapai 200%. Ini sungguh menakjubkan, dan menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sangat terbuka dalam mengadopsi sistem semacam ini. Semakin banyaknya software keuangan gratis semacam Kesles juga membuat transaksi semakin praktis, di mana bisa jadi Anda sudah tak perlu lagi membawa dompet, lantaran semua transaksi sudah di-handle oleh aplikasi tersebut.

Namun kemudahan menggunakan aplikasi keuangan gratis ini, dikombinasikan dengan betapa cepatnya transaksi bisa dilakukan ketika memanfaatkannya, akan menimbulkan efek di mana Anda sebagai konsumen merasa bahwa uang yang Anda habiskan itu bukan uang ‘asli’. Ya, Anda memang sadar bahwa Anda membelanjakan uang yang sudah Anda masukkan ke dalam saldo dompet digital ini. Tetapi lantaran tak ada bentuk fisiknya, efek psikologis pun akan muncul, di mana Anda tidak merasa sudah menghabiskan lebih banyak daripada yang Anda budget.

Ini tentunya menimbulkan masalah sendiri, dan perlu Anda atasi sebelum Anda terlanjur menghabiskan terlalu banyak uang yang Anda punya. Ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

1. Pakai Aplikasi Money-Tracking

Gunakan aplikasi yang akan memonitor berapa banyak uang yang sudah Anda habiskan, sehingga Anda menjadi sadar akan uang yang dikeluarkan. Kesles sendiri mempunyai fitur untuk melihat semua transaksi yang pernah Anda lakukan.

2. Budget Tiap Bulan

Ketika Anda akan menyusun anggaran, masukkan anggaran belanja dengan dompet digital ini di dalamnya. Setiap kali Anda melakukan transaksi, tuliskan pengeluaran tersebut.

3. Cukup Topup Sekali Sebulan

Ingin lebih berhemat? Cukup isi saldo Anda sekali sebulan, ketika Anda gajian. Selebihnya, tunggu sampai bulan depan. Ini akan memaksa Anda hanya menggunakan dana yang ada di dalamnya.

Pada dasarnya, bahkan dengan menggunakan software keuangan gratis semacam Kesles sekalipun, Anda tetap harus mengatur pengeluaran Anda dengan ketat. Namun ini bukan berarti Anda menghentikan diri Anda sendiri untuk bersenang-senang. Hanya saja, masukkan uang untuk fun ini dalam budget, sehingga sudah terencana. Justru cara ini akan mencegah Anda memboroskan uang sekaligus, karena Anda sudah membatasinya.

Baca artikel lainnya : Menjaga Kerahasiaan PIN Dalam Aplikasi Dompet Digital


TAGS software keuangan gratis software untuk keuangan gratis


Comment
-

Author

Follow Me