Ingin Rumah Dengan Seni Bangunan Dekoratif Gaya 1920-1930 an?

4 Nov 2015

Rumah merupakan tempat yang tidak hanya digunakan sebagai tempat berteduh misalnya melindungi diri dari cuaca yang panas, namun rumah juga merupakan tempat untuk berkumpul bersama keluarga dan sebagai comfort zone atau zona nyaman. Sehingga tidak heran jika sebagian orang memilih untuk melakukan design atau pengaturan rumah sendiri baik bentuk bangunan hingga interior. Banyak jenis seni arsitektur yang dapat diaplikasikan dan salah satunya adalah dengan gaya art deco yang merupakan seni bangunan dekoratif yang terkenal dari tahun 1920 hingga 1939.

Sebelum mengaplikasikan bentuk bangunan sesuai dengan seni bangunan dekoratif ini, Anda harus mengetahui jika menggunakan gaya ini berarti Anda harus memperhatikan detail ornamen pada bangunan. Seni dekoratif yang diterapkan tidak hanya menggunakan motif tertentu seperti geometri namun juga motif yang lainnya seperti motif pancaran matahari seperti di bangunan pada suku Maya di Amerika Selatan. Gaya bangunan dekoratif ini biasanya akan menggunakan bahan logam sebagai bahan yang paling banyak digunakan sehingga tidak hanya menimbulkan kesan kuat namun juga elegan.

Untuk bagian ruang tamu atau ruang yang lainnya yang ada di rumah Anda, Anda dapat menggunakan ornamen bulat atau geometris yang lainnya seperti kotak, zigzag yang cukup dijadikan aksen misalnya untuk bagian tertentu seperti di bagian almari atau di sekitar figura. Usahakan untuk menggunakan motif yang berbeda di setiap ruangannya sehingga tidak akan terkesan monoton atau kaku.

Agar dalam ruangan tidak terlihat kosong, Anda dapat menambahkan perabotan misal meja, kursi atau benda kerajinan tangan yang lainnya. Menerapkan gaya art deco pada rumah Anda, sebaiknya gunakan warna natural. Hal tersebut dikarenakan gaya bangunan tersebut khas dengan warna netral seperti warna serat kayu, coklat muda. Anda dapat memberikan kesan vintage dengan menggunakan meja atau kursi atau perabotan dengan desain tradisional. Sebaiknya pilih warna yang kontras namun dapat menyatu antara perabotan dengan cat dasar pada dinding. Anda dapat menggunakan aksesoris misalnya untuk lampu dengan memilih model yang geometris misalnya bulat. Atau Anda dapat menggunakan jasa APH HOME DECOR dalam mendesign rumah Anda.

Baca juga : Ciri Seni Arsitektur Dekoratif Abad Ke-20 Hingga Akhir Abad Ke-30


TAGS art deco seni dekoratif


-

Author

Follow Me