Cara Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

22 Oct 2015

Kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi cenderung masih sangat sensitif dan sangat mudah terkena iritasi. Ketika tidak mendapatkan perawatan yang intensif, kulit bayi akan mudah tampak kemerahan dan kering. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui cara merawat kulit bayi yang masih sensitif itu. Cara ini wajib diketahui oleh para ibu yang baru saja melahirkan anak pertamanya dan belum berpengalaman merawat bayi. Cara melakukan perawatan pada kulit bayi yaitu:

cara merawat kulit bayi

Campurkan baby oil dalam air mandi bayi

Kulit yang masih sensitif tidak bisa disamakan dengan kulit dewasa termasuk ketika akan mandi. Saat akan memandikan bayi jangan menggunakan air dingin biasa. Sebaiknya gunakan saja air hangat karena kulit bayi sukar beradaptasi dengan air dingin. Jangan lupa teteskan beberapa baby oil dalam air hangat dan jangan campur dengan bahan lainnya. Tujuan menambahkan baby oil adalah agar kulit bayi selalu halus dan terasa lembab sehingga tidak mudah iritasi.

Hindari penggunaan sabun anti bakteri

Sabun anti bakteri sangat cocok digunakan untuk orang dewasa tetapi tidak tepat dipakai oleh anak bayi. Sabun anti bakteri umumnya keras dan bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif. Karena itu, hindari menggunakan sabun atibakteri pada anak bayi. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan mengenai sabun apa yang paling sesuai digunakan oleh anak bayi. Terlebih lagi kalau bayi termasuk yang memiliki kulit sangat sensiitif. Jangan pernah menggunakan sabun anti bakteri.

Menggunakan body lotion untuk bayi secara teratur

Untuk merawat kulit bayi yang sensitif, jangan lupa mengoleskan body lotion pada tubuh bayi sehabis mandi. Lakukan ini secara teratur agar kulit bayi lembab dan terhindar dari iritasi. Setelah mandi, keringkan kulit bayi dengan handuk yang sangat lembut dan oleskan body lotion secara merata ke seluruh tubuhnya. Pastikan body lotion yang digunakan aman untuk kulit bayi yang masih sensitif dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Pilihlah produk yang terkenal aman digunakan oleh bayi seperti Zwitsal.


TAGS


Comment
-

Author

Follow Me