Tata Cara Senam Ibu Hamil yang Harus Anda Ketahui

30 Sep 2015

Tahukah Anda jika senam ibu hamil biasanya di mulai saat umur kehamilan telah menginjak 22 minggu. Senam ini di tujukan untuk ibu hamil yang tanpa kelainan serta tidak memiliki penyakit saat ia berada di masa kehamilan seperti ginjal, gagal jantung, hingga kelainan letak janin. Jadi, saat melakukan senam, sang ibu sendiri harus mengerti tata cara yang ia lakukan saat memulai senam.

Selain itu, si ibu harus minum air putih yang sangat cukup selama, hingga setelah melakukan senam. Hendaknya ia mengonsumsi 1 hingga 2 liter air tiap hari. Saat sebelum melakukan senam, Anda bisa melakukan gerakan pemanasan sehingga peredaran di darah akan meningkat serta oksigen yang akan diangkut ke otot serta jaringan tubuh lebih bertambah banyak sebelum Anda melakukan kegiatan yang lebih aktif lagi.

senam ibu hamil

Berikut tata cara latihan senam untuk ibu hamil, antara lain:

1.    Pendahuluan, pendahuluan ini berfungsi untuk mengetahui daya kontraksi otot tubuh, mengurangi nyeri, kekakuan tubuh hingga mengetahui luas persendian,
2.    Latihan inti, latihan ini memiliki tujuan untuk memiliki sikap tubuh yang jauh lebih baik selama Anda hamil, sikap tubuh yang baik ini dapat menyebabkan tulang panggul lebih naik, sehingga janin akan berada di dalam kedudukan yang normal, bila Anda terbiasa melakukan sikap tubuh yang kurang baik, tulang panggul akan lebih turun, sehingga dudukan janin akan menjadi kurang baik,
3.    Latihan pernafasan, latihan ini berfungsi melatih pernafasan saat Anda akan melakukan proses kelahiran,
4.    Latihan relaksasi serta penegangan, latihan ini demi mengilangkan stress atau tekanan saat Anda akan melahirkan.

Senam ibu hamil memang sangat bermanfaat, banyak mereka yang mengaku, kehamilan jauh lebih mudah dan tidak nyeri saat masa kehamilannya dibarengi dengan senam. Walaupun Anda melakukan senam, namun Anda juga harus menjaga pola makan, yakni mengonsumsi makanan yang bergizi untuk kesehatan janin yang Anda miliki. Jadi senam hamil, kegiatan sehari-hari, istirahat dengan cukup, serta menjaga pola makan agar seimbang.


TAGS senam ibu hamil


Comment
-

Author

Follow Me