Mencegah Penyakit Jantung

23 Sep 2015

Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh yang mengancam kehidupan. Sejak dini kita perlu melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut karena akan lebih susah mengobati dari pada mencegah.

Upaya pencegahan penyakit jantung bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat karena pola hidup yang tidak sehat bisa menambah resiko terkena penyakit jantung.

mencegah penyakit jantung

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung adalah sebagai berikut,

Konsumsi makanan sehat

Mulailah untuk membiasakan mengkonsumsi makanan sehat, yaitu makan yang berserat tinggi dan rendah lemak atau kolesterol tinggi. Kolesterol jahat atau LDL disinyalir menajdi penyebab utama terjadinya proses ateklerosis yaitu pengerasan dinding pembuluh darah.Bila pembuluh darah koroner menjadi sempit dan menghalangi aliran darah di dalamnya akan mengakibatkan jantung kesulitan memompa darah dan meingkatkan resiko penyakit jantung. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan. Bisa juga dengan mengkonsumsi serat larut seperti yang terdapat pada oat atau bubur gandum.

Hindari stess

Stress terkait erat dengan kematian akibat penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung. Bahkan stress berat juga dapat menyebabkan pecahnya dinding arteri yang mengandung plak dan menyebabkan serangan jantung.

Berhenti merokok, minum alkohol, dan mulailah berolahraga secara teratur.

Tidak ada kebaikan yang dibawa oleh alkohol dan rokok jadi sebaiknya tinggal kan dua hal tersebut dan mulailah berolahraga untuk jantung yang lebih sehat.

Penyakit jantung bisa dihindari sedini mungkin dengan merubah gaya hidup dan kebiasaan karena mencegah lebih baik daripada mengobati.


TAGS penyakit jantung


Comment
-

Author

Follow Me