3 Manfaat Penerapan Keselamatan Kerja K3 Bagi Karyawan

2 Sep 2015

Penerapan keselamatan kerja K3 bagi karyawan memang sangat bermanfaat bagi semua pihak, baik bagi karyawan maupun pemilik usahanya. Ketika bekerja di perusahaan besar dan kebetulan berada di bagian produksi, baik pabrik, pertambangan, dan lain sebagainya. Maka bagian yang Kita emban tersebut memberikan resiko keselamatan yang lebih rentan dibandingkan pada bagian lainnya. Resiko yang besar ini ternyata juga menawarkan kelebihan berupa mendapatkan gaji yang juga cukup besar, tidak heran peminatnya tidak pernah surut.

Manfaat Penerapan Keselamatan Kerja K3 Bagi Karyawan

Ketika membicarakan penerapan keselamatan para pekerja K3 maka Kita pun akan membahas mengenai manfaat yang diberikan ketika diberlakukan. Meningkatkan pemahaman mengenai prosedur keselamatan kerja ini, maka berikut manfaat yang bisa dirasakan :

1. Memberikan Perlindungan Maksimal Kepada Karyawan

Kecelakaan kerja memang menjadi sebuah kemungkinan yang bisa saja terjadi dan tidak dapat dihilangkan hanya bisa diminimalisir. Ketika terjadi bentuk kecelakaan dalam bekerja maka resiko kerugian baik oleh karyawan maupun perusahaan sama tingginya. Karyawan terancam meninggal atau cacat seumur hidup dan perusahaan menanggung beban karyawan tersebut sehingga berimbas pada omzet perusahaan.

2. Mendapatkan Kepercayaan Dari Pelanggan

Menerapkan sistem yang jelas dan terarah dari keselamatan kerja ini akan memberikan manfaat meningkatnya omzet perusahaan. Pasalnya hampir semua pelanggan akan mempercayakan kebutuhannya kepada produsen yang handal dan terpercaya. Ketika menerapkan keselamatan kerja kepada karyawan dengan baik maka kualitas kerjanya pun akan baik. Sehingga kepercayaan pelanggan bisa didapatkan dengan lebih mudah dan memberikan keuntungan ke perusahaan. Jika perusahaan mendapatkan pesanan maka karyawan pun memiliki pekerjaan untuk mendapatkan upah.

3. Menghindari Sanksi Dari Pemerintah

Pihak pemerintah Kita sangat mengharapkan semua perusahaan memberlakukan peraturan keselamatan kerja para karyawannya. Sebab termasuk memberikan perlindungan kepada karyawan dan berarti juga memberikan hak karyawan dengan baik. Ketika pihak pemerintah mengetahui ada perusahaan yang tidak menerapkan keselamatan kerja K3.Maka pemberian sanksi tidak dapat dihindarkan dan cukup memberatkan perusahaan itu sendiri, menilik manfaat ini diharapkan muncul kesadaran dalam penerapan yang sempurna dari keselamatan kerja ini.


TAGS


-

Author

Follow Me