Inilah Tips Cara Membuat Kue Dengan Benar

18 Jun 2015

Tips Cara Membuat KueTips cara membuat kue dengan benar. Banyak Ibu yang ingin menyajikan hidangan lezat untuk keluarga. Kue adalah salah satu santapan favorit untuk menemani waktu bersantai bersama keluarga. Namun, pengalaman pertama membuat kue seringkali diwarnai dengan berbagai kegagalan. Jika Ibu pernah mengalaminya, tips berikut ini akan membantu menambah pengetahuan Ibu, apa saja informasi-informasi yang perlu Ibu ketahui tentang cara membuat kue, yang akan menyukseskan pengalaman Ibu selanjutnya.

Berikut inilah tips cara membuat kue dengan benar

1. Kenali bahan-bahan

Hal pertama yang harus Ibu ketahui tentu saja adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue. Berbagai macam kue memiliki kombinasi dan komposisi bahan yang berbeda-beda. Takaran juga perlu diperhatikan karena sangat berpengaruh pada tekstur kue yang akan dibuat.

2. Perhatikan saat mengocok telur

Tips cara membuat kue dengan benar yang lain adalah Ibu harus mengocok kue dengan benar. Kocoklah dengan menggunakan peralatan yang kering dan terbebas dari lemak. Gunakan telur segar yang bersuhu ruangan. Bila Ibu menyimpan telur dalam lemari pendingin, diamkan beberapa saat sebelum mengocoknya dan mencampurnya dalam adonan kue. Mengocok telur hingga mengembang berarti mengocok telur bersama dengan gula hingga mengental dan berwarna pucat. Untuk mengetahuinya, cobalah mengambil adonan dengan sendok, bila adonan tidak cepat kembali ke bentuk semula, maka adonan telur sudah mengembang. Jika hendak mengocok mentega atau margarin dengan telur, jangan lakukan secara bersamaan, karena mengocoknya secara bersamaan akan membuat adonan tidak dapat menyatu. Kocoklah margarin atau mentega sambil memasukkan telur satu per satu.

3. Perhatikan saat mencampur tepung terigu

Saat mencampur tepung terigu dalam adonan telur, sebaiknya gunakan sendok kayu ketimbang menggunakan mixer sekalipun dengan kecepatan rendah. Mixer akan melepaskan udara karena kecepatan yang dilepaskannya sehingga adonan susah mengembang.

4. Perhatikan larangan berikut

Satu lagi hal yang perlu diperhatikan adalah dilarang memanggang kue bila suhu oven belum mencapai suhu yang dibutuhkan, karena akan membuat kue menjadi bantat. Panaskan oven sekitar 15 menit sebelum menggunakannya, dan jangan sekali-kali membuka pintu oven pada 15 menit pertama saat sedang memanggang.

Semoga informasi-informasi cara membuat kue tersebut dapat menyukseskan pengalaman Ibu membuat kue selanjutnya, sehingga Ibu pun dapat menyajikan hidangan lezat untuk keluarga.


TAGS tips cara membuat kue


Comment
-

Author

Follow Me